Cari Dari Blog Ini

Memuat...

Minggu, 09 Oktober 2011

thats the big "?" for me

"I love you without knowing how, or when, or from where.
I love you straightforwardly, without complexities or pride;
so I love you because I know no other way

than this: where I does not exist, nor you,
so close that your hand on my chest is my hand,
so close that your eyes close as I fall asleep"
I don't know..I should Happy or not..in front of you
I don't know..I should feel sad or not..in front of you
I don't know..I should feel guilty or not...in front of you
I don't Know..am I right or not..in front of you

are you happy enough with me?
thats the big "?" for me...

Selasa, 26 Juli 2011

semoga diamku mampu membawa perubahan positif bagi kita semua

Semoga diamku mampu membawa perubahan positif bagi kita semua..saat membaca tulisan ini, diriku bisa mengerti begitu pilunya masa lalu karena keindahan yang telah tercipta di masa lalu..kuingin smuanya tahu bahwa menjadi lebih baik adalah keinginan setiap insan..lebih baik adalah mungkin..bukan dengan kesedihan dan keputusasaan, melainkan dengan rasa penghargaan dan penghormatan, seperti pintaku beberapa waktu yang lalu..

kerjasama dimulai dari keterbukaan..dan yang kurasakan di masa lalu memang sangatlah kurang dan rapuh..bahkan sedikit hantaman saja sudah mampu menggoyahkan dan memisahkan kita..


dari dulu kita memang terbangun dalam kondisi krisis kepercayaan dan keterbukaan..andai engkau tahu bahwa kenapa aku memilihmu waktu itu karena ternyata aku memang memilih berdasarkan hati nurani sehingga walaupun ibuku yang menjadi alasan, secara tidak sadar,ternyata aku telah mempromosikan dirimu dengan sebaik2nya dihadapan ibuku..itulah alasan mengapa ibuku memilihmu..bahkan sampai di akhir hayat beliau...bukan karena sayangnya aku, maka aku memilihmu..tetapi ternyata saking sayangnya ibuku denganku..makanya beliau memilihmu...aku baru menyadarinya beberapa saat yang lalu..

saat ini aku sudah mengetahui batu sandungan yang begitu menyakitkanku dari pihak keluargamu, bahkan aku tahu dirimu membenarkannya serta menyetujuinya..aku bisa mengerti karena restu orang tua adalah restunya Allah SWT..aku tidak menyalahkanmu kemarin engkau tidak mempromosikan sebaik2nya diriku di hadapan orang tuamu...aku juga tidak menyalahkanmu engkau diam saja dan menyalahkan serta tiba2 menangis berharap harapan kosong yang berujung depresi hingga teman2mu ikut2an menyalahkanku..serta aku tidak menyalahkanmu jika engkau tidak mau berkorban untuk mempertahankan hubungan, walaupun diriku berkali2 MAKAN HATI dan HARGA DIRI untuk MEMBANGUNNYA KEMBALI...aku justru memaklumimu karena dirimu mungkin belum tahu caranya..jika engkau tahu, aku juga belum tahu caranya...aku tidak mampu mengimbangimu dan menahan stres yang datang karena engkau dan teori "menjaga"mu..


aku bisa mengerti karena aku tahu bahwa sesuatu telah mempertahankan kita selama 3 tahun..lebih tepatnya 33 bulan di tepat 3 juli lalu..karena kesabaranku dan ke PURA-PURA anmu terhadap LINGKUNGAN dan KELUARGAmu..menyembunyikanku seolah2 aku adalah PENCURI ataupun ORANG TIDAK BAIK...dengan teori "menjaga"mu..maaf, aku masih kesal sekali..makanya aku menuliskan smua kekesalanku..

setelah aku mencurahkan kekesalanku,kesedihanku, kekecewaanku, kemarahanku, aku mulai berfikir...apa ya yang bisa dimanfaatkan dari perasaan ini..aku coba untuk mengambil banyak hikmah dan pelajaran dari katakanlah "gagal"nya hubungan kita..aku mencoba untuk memberikanmu kesempatan sekali lagi berharap engkau menangkap dengan baik..akan tertapi..engkau justru semakin diam dan tiba2 memutus hubungan yang berupa puing2 yang sharusnya bisa dibangun perlahan..

aku harap engkau segera temukan orang yang lebih baik dan bahagia dengan hidupmu..begitu juga denganku..aku ingin masing2 dari kita mengevaluasi dan bangkit dari keterpurukan..hargai dan hormati aku serta orang di sekitarku..bahkan yang dekat denganku saat ini...semoga diamku mampu membawa perubahan positif bagi kita semua

Rabu, 09 Februari 2011

diabetes mellitus, lifesyle, Hypnotherapy

“air kencingku kok disukai semut ya?”, “aku sering makan banyak, minum banyak dan kencing banyak tapi kok malah jadi tambah kurus ya?”, “telapak kakiku sering tebel-tebel..dan daerah sekitar kemaluanku sering gatal-gatal..knapa ya?” kata-kata itu nampaknya di era ini menjadi semakin familiar dan sering terdengar.boleh sajalah kita curiga dia menderita Diabetes. Apa sih yang sebenernya yang sedang terjadi pada tubuh dan mental orang penderita diabetes?tak perlu penasaran, mari kita cari tahu saja.

Gambaran dan istilah umum

Diabetes mellitus (DM) adalah suatu gangguan fungsi tubuh dalam mentoleransi kadar glukosa dalam darah. Normalnya kan gula yang kita makan dan beredar dalam pembuluh darah dari pencernaan kan masuk ke tubuh. Nah pada penderita DM, gula tersebut tetap berada di dalam pembuluh darah. Bsa lama atau tidak sama sekali terserap ke dalam sel di seluruh tubuh. Boleh diBayangkan bagaimana rasanya saat seluruh tubuh kita terendam gula.bisa rusak kan organ-organnya? Gara-gara gangguan keseimbangan kadar gula tadi, banyak lho gangguan yang terjadi. Mulai dari gangguan osmolaritas, gangguan sirkulasi lemak protein, hingga kerusakan fungsi organ. Mau tahu contohnya kerusakan fungsi organnya apa aja?banyak lho. Salah satunya adalah neuropati diabetes. Namanya aja neuron, sel saraf, nah itu dia yang menyebabkan terjadinya rasa tebal-tebal atau bahasa jawanya gringgingen. Trus knapa sih kok orang sakit diabetes bisa ampe amputasi segala? Itu logikanya mudah. Pada saat kadar gula darah kita tinggi secara terus menerus, bakteri jahat tu berkembang dengan makmur di dalam pembuluh darah.sehingga apabila ada luka jadi sukar sembuh. Pada saat luka udah parah dan udah terinfeksi total, daripada menimbulkan infeksi sistemik-otak, bagian tertentu tersebut harus diambil/diamputasi. Dan masih banyak lainnya lagi.

Proses perjalanan.

Kok bisa ya gula gag mau masuk ke dalam tubuh?pertanyaan itu mungkin boleh kita lontarkan. Jawaban dari pertanyaan itu sudah banyak terjawab oleh berbagai macam penelitian yang dilakukan oleh ahli. Salah satu penyebabnya adalah factor inflamasi yang menyebabkan rusaknya reseptor insulin. Insulin kan fungsinya untuk membuka gerbang penyerapan gula ke tubuh kan. Nah, kalo reseptornya rusak?gag bisa kebuka gerbangnya, gag bisa masuk deh tu gula. Factor inflamasi yang menyebabkan Kerusakan itu diduga dipicu oleh lemak, genetis/keturunan,dan masih banyak lagi. Yang jelas, SEMUA orang memilki “BAKAT” diabetes, namun kapan munculnya gangguan itu tiap orang lain2..jadi seolah2 terkesan tidak akan pernah terkena, padahal DM menjadi “silent killer” yang cerdik.

farmakoterapi

Kia semua udah tahu penatalaksanaan yang sudah memilki gangguan mentoleransi gula tadi salah satunya dengan obat. Obat2an oral hipoglikemik seperti glibenklamid, obat2 peningkat sensitifitas insulin seperti metformin,dsb udah tidak asing terdegar bukan? Walau gimanapun juga obat kimia punya efek samping dan dampak jangka panjang penggunaan obat lho. Jadi hati2 aja kalau mengonsumsinya. Dipersilakan untuk mengikuti SARAN dokter.

Faktor lifestyle makanan

kita smua ngerti lah knapa pengaturan diet makanan menjadi salah satu primadona dalam penatalaksanaan gangguan DM. “perangi lemak dan gula, cukupkan protein dan seratnya!”. Seperti itu kan slogan yang sering kita lihat dan kita dengar? Nah hal itu memang benar dilakukan karena tujuannya adalah baik, yaitu mengurangi beban kerja toleransi tubuh terhadap gula. Namun kenyataan yang sering terjadi di lapangan, orang masih saja susah mewujudkannya. Banyak makanan kesukaan kita yang bahannya tinggi gula dan lemak. “udah favorit dan kebiasaan makan ini itu sih, makanya kalo saya disuruh lepas susah.lagian saya juga sehat2 aja kok, gag kerasa apa2..”, anda mungin mengerti kan apa yang akan terjadi beberapa tahun selanjutnya pada orang ini?memang, makanan merupakan salah satu sumber kehidupan kita. Namun pemilihan seleranya itulah yang menjadi hambatan dalam diet.

Faktor lifestyle olahraga/aktivitas

Tentunya olahraga secara jelas de facto dan de jure mampu menunda terjadinya gangguan DM berdasarkan penelitian. Nah, sekarang yang jadi permasalahan adalah niat untuk memulai dan menjadikannya kebiasaan kan?

Hypnotherapy hadir sebagai psikoterapi lifestyle

Untuk menjawab kegelisahan dan permasalahan lifestyle pada penderita DM, Hypnotherapy hadir memberikan solusi. Proses hypnotherapy menjadikan perubahan mindset penderita DM, baik dari segi PENERIMAAN diri sendiri terhadap penyakitnya hingga pengaturan kebiasaan pola makan dan aktivitas. Kita semua tahu bahwa Hypnotherapy secara ilmiah sudah mampu terjelaskan mekanismenya dan efektif dalam mengantarkan kita pada transformasi/perubahan perilaku ke arah yang lebih baik.

Ingin terapi atau info lebih lanjut? Hubungi : nugroho Jati, CHt. 085642047075

atau

buka www.lilincommunity.blogspot.com

Minggu, 14 November 2010

Hypnosis untuk memodifikasi sensasi nyeri..seperti apa maksudnya??

pembaca yang terhormat dan yang "appreciate" terhadap tulisan saya, izinkan saya untuk mensharingkan ilmu menarik dan unik tentang aplikasi hypnosis untuk memodifikasi sensasi nyeri.

Otak dan pikiran manusia bekerja layaknya sebuah komputer, di mana otak merupakan hardware nya dan pikiran merupakan softwarenya. Mereka saling berkaitan dan membuat sambungan terhadap “pembelajaran baru”. Contohnya, kita bisa merasakan manis karena adanya lidah.kita mampu berbicara(komunikasi verbal) karena adanya mulut dan telinga,dan lain sbagainya. Maka dari itu dapat dikatakan bahwa Setiap produk hasil pemikiran mampu terbentuk baik dengan adanya hardware yang baik.

Komputer pun butuh listrik yang cukup dayanya,seperti itu istilahnya. Sama halnya dengan komputer, nilai gizi dan pertumbuhan-perkembangan tubuh sangat mempengaruhi kinerja pikiran kita. Perlu kita ketahui bahwa fungsi kognitif, sistem limbik, perkembangan emosi, dsb merupakan hasil pembelajaran, baik di tingkat tatanan sel hingga di tingkat tatanan organ. Termasuk dengan belajar untuk merasakan “nyeri”

Dalam tubuh kita (sel saraf), Setiap program (simpatis, parasimpatis, nyeri, dsb) dimainkan oleh fungsi2 zat2 kimiawi seperti neurotransmitter dan berbagai macam substansi sekunder lainnya seperti substansi P pada nyeri mondar mandir lalu lalang melintasi seluruh tubuh. Setiap neurotransmitter memiliki fungsi dan reseptor khas dalam tubuh. Salah satu contohnya adalah pengiriman pesan-pesan kontrol otot dan sensasi somatic (nyeri, rasa raba,tekan,manis,dsb). berbagai macam proses pesan control dan sensasi permukaan tubuh dengan cepat dihantarkan melalui jaras-jaras saraf seluruh tubuh yang kemudian terkumpul menjadi satu di batang otak(otak tengah) untuk disaring dan diproses oleh RAS(reticular activating system) dan diteruskan menuju ke otak untuk diprses menjadi suatu persepsi/perasaan.

Hypnosis adalah pelemahan, penembusan, pengalihan faktor kritis hingga diterimanya sugesti-sugesti/afirmasi secara total yang mengakibatkan terbentuknya program baru dalam pikiran baik dalam tatanan pikiran sadar maupun luar sadar. Aplikasi penggunaan hipnosis untuk menimbulkan efek analgesy disebut hypnoanalgesy. hypnoanalgesy merupakan salah satu percabangan ilmu hypnosis yang penggunaanya sudah banyak digunakan pada bidang medis. Mulai dari perawatan hingga persiapan operasi.

Hypnosis bukanlah suatu usaha untuk memanipulasi pikiran orang lain,prinsip utama dalam hypnosis adalah komunikasi yang efektif di mana harapannya pasien/client memperoleh pembelajaran baru mengenai penatalaksanaan keadaan patologisnya, termasuk dalam memanajemen nyeri. proses yang diajarkan kepada klient adalah jalur kenyamanan, di mana pelepasan endorfin banyak terjadi untuk menggantikan posisi neurtransmitter dan substansi p-sensasi nyeri hingga mampu meng"blok"nya baik muilai dari tatanan lokal di perifer hingga central di batang otak.

salah satu cara untuk mempercepat proses pembelajaran/pemasukan sugesti adalah dengan dihypnosis. dalam kondisi terhipnosis, pasien menjadi sangat reseptif terhadap sugesi/afirmasi. Pada saat itulah proses pembelajaran terjadi dengan sangat efektif. Pasien di minta membayangkan bagian tubuhnya menjadi bentuk lain dari sebelumnya seperti tebal seperti karet,baal seperti pemberian anesthesi lewat dalam tubuh,hingga hilangnya kontrol tubuh/perasaan hanya memiliki kepala saja,dsb.

Ngomong2 masalah gimana rasanya dihipnosis, kita boleh dulu merasakan kondisi sadar.pada saat kita tersadar, kondisinya adalah seperti pada saat anda membaca tulisan ini sekarang. Jika saya mensugestikan kepada anda bahwa "perlahan, jari telunjuk anda menghilang seperti batu es yang mencair secara perlahan", kita lihat apa kata hati anda. Sebagian besar dari anda akan menolak dan mengatakan "apa iya, bisa seperti itu??"..hal itu merupakan hal yang maklum karena pada saat anda membaca tulisan ini, faktor kritis pikiran anda masih bekerja dengan sangat baik. jika anda mampu menghilangkan faktor kritis tersebut dengan minimal "berpura2" maka boleh dirasakan bahwa pikiran anda tiba2 akan mampu terbagi menjadi dua pemikiran yaitu pemikiran di mana anda “merasa tidak mungkin” dan pikiran jari telunjuk anda benar2 berubah menjadi batu es dan mencair perlahan. Pada saat anda memasuki kondisi hipnosis..pikiran anda hanya akan menjadi satu yaitu rasa perubahan jari anda tersebut. Anda masih mampu mendengar dan bergerak, akan tetapi anda memutuskan untuk malas dan rileks menikmati keluarnya endorphin dalam tubuh anda. Anda Tidak perlu tertarik maupun penasaran.Jika ingin Informasi lebih lanjut,boleh hubungi : Nugroho Jati, CHt 085642047075

Senin, 31 Mei 2010

Monolog : Rejeki kita ini sebagian milik orang lain...percayakah dirimu nung??

selama ini...aku kadang hanya menjadi orang yang lemah.. pelit dan bodoh... aku tak berfikir...uang yang membiayai kita ini berasal dari tangan orang lain... berasal dari keringat orang lain... Nung..uang hanyalah alat tukar..media...untuk mendapatkan sesuatu yang lain.. orang memberikan uangnya..tidak hanya untuk mendapatkan barang/jasa...tetapi secara tidak langsung dia memberikan kepercayaan...ada 2 kemungkinan...kepercayaan berlanjut dan terjadilah hubungan pelanggan-pedagang..atau tidak terjadi/putus hubungan.. bagaimana mungkin orang mempunyai keinginan untuk memberikan kepercayaannya kepada kita..emangnya kepercayaan itu datang begitu saja?? tidak...semua itu ada yang mengatur..Allah SWT..Dzat yang maha Kuasa untuk membolak-balikkan hati manusia.. nung..tidakkah engkau sadar...uang yang dirimu terima itu berasal dari orang lain...sapa lagi kalo bukan dari orang lain...jatuh dari langit?? rawatlah rejekimu nung..Allah memberikan rezeki dari arah yang tak terduga2..lewat kepercayaan..maka dari itu bagikanlah kepercayaanmu pada orang lain dengan... bershodaqoh...