Cari Dari Blog Ini

Minggu, 14 November 2010

Hypnosis untuk memodifikasi sensasi nyeri..seperti apa maksudnya??

pembaca yang terhormat dan yang "appreciate" terhadap tulisan saya, izinkan saya untuk mensharingkan ilmu menarik dan unik tentang aplikasi hypnosis untuk memodifikasi sensasi nyeri.

Otak dan pikiran manusia bekerja layaknya sebuah komputer, di mana otak merupakan hardware nya dan pikiran merupakan softwarenya. Mereka saling berkaitan dan membuat sambungan terhadap “pembelajaran baru”. Contohnya, kita bisa merasakan manis karena adanya lidah.kita mampu berbicara(komunikasi verbal) karena adanya mulut dan telinga,dan lain sbagainya. Maka dari itu dapat dikatakan bahwa Setiap produk hasil pemikiran mampu terbentuk baik dengan adanya hardware yang baik.

Komputer pun butuh listrik yang cukup dayanya,seperti itu istilahnya. Sama halnya dengan komputer, nilai gizi dan pertumbuhan-perkembangan tubuh sangat mempengaruhi kinerja pikiran kita. Perlu kita ketahui bahwa fungsi kognitif, sistem limbik, perkembangan emosi, dsb merupakan hasil pembelajaran, baik di tingkat tatanan sel hingga di tingkat tatanan organ. Termasuk dengan belajar untuk merasakan “nyeri”

Dalam tubuh kita (sel saraf), Setiap program (simpatis, parasimpatis, nyeri, dsb) dimainkan oleh fungsi2 zat2 kimiawi seperti neurotransmitter dan berbagai macam substansi sekunder lainnya seperti substansi P pada nyeri mondar mandir lalu lalang melintasi seluruh tubuh. Setiap neurotransmitter memiliki fungsi dan reseptor khas dalam tubuh. Salah satu contohnya adalah pengiriman pesan-pesan kontrol otot dan sensasi somatic (nyeri, rasa raba,tekan,manis,dsb). berbagai macam proses pesan control dan sensasi permukaan tubuh dengan cepat dihantarkan melalui jaras-jaras saraf seluruh tubuh yang kemudian terkumpul menjadi satu di batang otak(otak tengah) untuk disaring dan diproses oleh RAS(reticular activating system) dan diteruskan menuju ke otak untuk diprses menjadi suatu persepsi/perasaan.

Hypnosis adalah pelemahan, penembusan, pengalihan faktor kritis hingga diterimanya sugesti-sugesti/afirmasi secara total yang mengakibatkan terbentuknya program baru dalam pikiran baik dalam tatanan pikiran sadar maupun luar sadar. Aplikasi penggunaan hipnosis untuk menimbulkan efek analgesy disebut hypnoanalgesy. hypnoanalgesy merupakan salah satu percabangan ilmu hypnosis yang penggunaanya sudah banyak digunakan pada bidang medis. Mulai dari perawatan hingga persiapan operasi.

Hypnosis bukanlah suatu usaha untuk memanipulasi pikiran orang lain,prinsip utama dalam hypnosis adalah komunikasi yang efektif di mana harapannya pasien/client memperoleh pembelajaran baru mengenai penatalaksanaan keadaan patologisnya, termasuk dalam memanajemen nyeri. proses yang diajarkan kepada klient adalah jalur kenyamanan, di mana pelepasan endorfin banyak terjadi untuk menggantikan posisi neurtransmitter dan substansi p-sensasi nyeri hingga mampu meng"blok"nya baik muilai dari tatanan lokal di perifer hingga central di batang otak.

salah satu cara untuk mempercepat proses pembelajaran/pemasukan sugesti adalah dengan dihypnosis. dalam kondisi terhipnosis, pasien menjadi sangat reseptif terhadap sugesi/afirmasi. Pada saat itulah proses pembelajaran terjadi dengan sangat efektif. Pasien di minta membayangkan bagian tubuhnya menjadi bentuk lain dari sebelumnya seperti tebal seperti karet,baal seperti pemberian anesthesi lewat dalam tubuh,hingga hilangnya kontrol tubuh/perasaan hanya memiliki kepala saja,dsb.

Ngomong2 masalah gimana rasanya dihipnosis, kita boleh dulu merasakan kondisi sadar.pada saat kita tersadar, kondisinya adalah seperti pada saat anda membaca tulisan ini sekarang. Jika saya mensugestikan kepada anda bahwa "perlahan, jari telunjuk anda menghilang seperti batu es yang mencair secara perlahan", kita lihat apa kata hati anda. Sebagian besar dari anda akan menolak dan mengatakan "apa iya, bisa seperti itu??"..hal itu merupakan hal yang maklum karena pada saat anda membaca tulisan ini, faktor kritis pikiran anda masih bekerja dengan sangat baik. jika anda mampu menghilangkan faktor kritis tersebut dengan minimal "berpura2" maka boleh dirasakan bahwa pikiran anda tiba2 akan mampu terbagi menjadi dua pemikiran yaitu pemikiran di mana anda “merasa tidak mungkin” dan pikiran jari telunjuk anda benar2 berubah menjadi batu es dan mencair perlahan. Pada saat anda memasuki kondisi hipnosis..pikiran anda hanya akan menjadi satu yaitu rasa perubahan jari anda tersebut. Anda masih mampu mendengar dan bergerak, akan tetapi anda memutuskan untuk malas dan rileks menikmati keluarnya endorphin dalam tubuh anda. Anda Tidak perlu tertarik maupun penasaran.Jika ingin Informasi lebih lanjut,boleh hubungi : Nugroho Jati, CHt 085642047075

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar